Cara Mengaktifkan SSL (HTTPS) pada WordPress di Hawkhost

Beberapa hari yang lalu, blog ini, yaitu NetJurnal.Com mendapat sebuah surat cinta yang berisikan informasi, disebutkan kalo blog ini masih belum menggunakan SSL (Secure Socket Layers). Jadi saat mengakses url website, masih memakai http dan seharusnya menggunakan https.

Dan ternyata SSL merupakan salah satu indikator untuk meningkatkan ranking blog di mesin pencari, jadi sepertinya sudah saatnya untuk melakukan perubahan.

Cara Mengaktifkan SSL (HTTPS) pada WordPress di Hawkhost 1

Beberapa penyedia hosting ternyata sudah ada yang memberikan upgrade langsung secara otomatis, artinya tidak harus dilakukan secara manual.

Dan tampaknya Hawkhost disini masih belum bisa diandalkan untuk itu, jadi ya harus secara manual melakukannya.

Langkah pertama adalah mendapatkan kode CSR dengan login ke cpanel lalu ke menuĀ SSL/TLS Manager. Disitu biasanya sudah sesuai, tinggal ikuti petunjuk autofill by domain lalu install certificate.

Bila di kasus kami, blog yang lama memang harus menginstall manual, tapi untuk blog baru, semua sertifikat sudah terinstall rapi.

Cara diatas juga tidak mutlak karena bisa juga diaktifkan dengan sekali klik “Run AuroSSL” pada menuĀ SSL/TLS Status.

Kemudian tahap berikutnya adalah memaksa pemakaian SSL saat website diakses, caranya dengan mengubah file ‘.htaccess‘. Masih di dalam cPanel, pergi ke menu file manager lalu pada kolom pencarian ketikkan “.htaccess” dan akan muncul hasil dibawah ini

Cara Mengaktifkan SSL (HTTPS) pada WordPress di Hawkhost 3

Lalu bukan file .htaccess tersebut dan lakukan pengeditan, letakkan kode ini setelah baris # END WordPress

RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTPS} off
RewriteRule ^(.*)$ https://%{HTTP_HOST}%{REQUEST_URI} [L,R=301]

Perlu diketahui untuk tidak mengotak-atik baris lain dari file .htaccess ini, karena website bisa saja crash sekalipun hilang 1 huruf atau ada tambahan kode lain yang gak jelas.

Cara Mengaktifkan SSL (HTTPS) pada WordPress di Hawkhost 5

Oke, sebenernya mengubah dari Http ke Https ini simpel banget, silahkan dicoba sendiri dan semoga berhasil.

[mrc] – NetJurnal.Com

Leave a Reply