Cara Mengirim dan Retur Barang Garansi ke China

Beli barang secara online dari toko online Internasional di Cina memang murah, tapi terkadang kita gak puas ama produknya, alasan klasik seperti barang rusak saat dijalan, tidak sesuai dengan deskripsi, barang cacat dan lainnya.

Jengkel itu wajar, kita menunggu barang datang sekitar sebulan, hampir aja lumutan kecuali kita sudah re-stok kesabaran. Dan ketika barang datang dan tidak bisa digunakan, maka luapan emosi tercurah hebat seperti gunung meletus (lebay)

Nah, hal yang pertama dilakukan adalah Kita komplain ke penjualnya tentang cacatnya sebuah produk, gimana cara klaim barang cacat dari seller asal Cina? silahkan baca disini

Bila pengajuan klaim berhasil dan disetujui, maka langkah selanjutnya adalah meminta otorisasi RMA (Return Merchandise Authorization) atau biasa disebut Autorisasi Pengembalian Barang (APB).

Cara Mengirim dan Retur Barang Garansi ke China 2

APB ini biasanya berisi keterangan hal-hal yang harus disertakan, misalnya nomer transaksi, nomer APB, dan detail konten serta harga barang.

Contoh kasus ini adalah retur Smartphone ke Cina, usahakan kita bisa memvideokan hal-hal yang penting seperti IMEI, detail kerusakan ataupun packing box. Ini penting!

Biasanya akan ada anjuran untuk mengeprint detail yang diminta pada APB / RMA, contoh hasil seperti pada gambar diatas, dan jangan mengirim barang yang tidak memiliki RMA resmi dari toko online tersebut, karena bila tidak sampai, malah kita yang disalahkan.

Alamat yang digunakan biasanya tertulis dalam aksara Cina dan tulisan alfabet.

Cara Mengirim dan Retur Barang Garansi ke China 4

Setelah itu, kita akan mengirim barang tersebut, biasanya Seller akan meminta ekspedisi yang murah, yakni surat Tercatat di POS Indonesia, nomer resi diawali oleh RR atau RG seperti gambar dibawah ini ➡

Sebisa mungkin untuk membuat dokumentasi pengiriman, bukannya mau lebay yah,,, tapi ini untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk saja.

Cara Mengirim dan Retur Barang Garansi ke China d

Biaya pengiriman ke Cina biasanya berkisar antara 50 sampai 250 ribu untuk surat tercatat, tergantung dari berat barang, kami mengirim dua produk ke dua toko yang berbeda, yang pertama memiliki bobot 395 gram dengan ongkir 120 ribu.

Lalu pengiriman kedua dengan bobot 724 gram dengan ongkir 165 ribu Rupiah. Karena disana juga ada pajak, maka jangan mengirim dengan ekspedisi cepat, nanti takutnya sellernya kzl.

Cara Mengirim dan Retur Barang Garansi ke China 7

Setelah semua bukti pengiriman dan data didapat, maka kirimkan foto-foto tersebut ke seller, setelah dikonfirmasi, maka kita bisa tenang dan menunggu tindakan baik dari Seller.

Cukup mudah sebenernya, cuma mungkin artikel ini terlalu lebay dan itu harus saya akui :mrgreen:

[mrc] – NetJurnal.Com

Leave a Reply