Tips Memanfaatkan Topads Tokopedia Untuk Jualan Laris

Topads merupakan salah satu cara tepat untuk melariskan barang dagangan dan melancarkan penjualan, itu kalo anda adalah pedagang di Tokopedia, ini cara efektis selain optimisasi kata kunci.

Ini memang salah satu cara efektif untuk membuat dagangan tampil di barisan atas, selain dengan menggunakan Gold Merchant.

Kali ini kami akan berikan sedikit tips dan trik mengenai cara memaksimalkan TopAds supaya lebih efektif, artinya, dengan dana yang sedikit maka membuat penjualan makin berkali lipat.

Topads bila dibeli melalui kredit, nominalnya antara 50 ribu sampai 1 juta Rupiah, buat coba-coba atau bila memang produk anda sedikit, gunakan yang paling murah dulu bisa.

Untuk mengiklankan produk, bisa menggunakan biaya dengan kelipatan 50, yakni 50, 100 atau 150 atau bisa juga 2000 rupiah per klik. Jadi kalo mau ditulis 125 rupiah tidak bisa.

Produk apa saja yang sebaiknya dipromosikan TopAds?

Biasanya produk yang diiklankan adalah yang punya

  • Margin keuntungan bagus
  • Produk unggulan yang kualitasnya terbaik
  • Toko anda adalah yang kompeten terhadap produk tersebut
  • Produk yang stoknya banyak
  • Produk unik namun kurang begitu laku.

Berapa Sebaiknya Biaya Per-Klik yang digunakan?

Ada dua tipe persaingan produk tokopedia, yakni samudera biru dan samudera merah.

Samudera Merah adalah barang yang kompetisinya tinggi, ambil contoh “kaos polos katun 30s”, itu artinya persaingan bakal kejam, bila ingin muncul di barisan atas pencarian, maka bisa menggunakan 50 rupiah, tapi biasanya akan kalah dengan yang menggunakan biaya 300 atau bahkan 500 rupiah per-klik.

Jadi tetap saja akan “terbelakang” walaupun sudah dipromosikan top-ads. Selain itu, ada juga kecenderungan pengguna yang menggunakan pengurutan berdasarkan penjualan atau harga, meskipun tetap teratas, tapi pembeli kelas veteran akan mudah paham dengan hal tersebut.

Sedangkan Samudera Biru bakal lebih santai, karena barang tersebut kompetisinya sangat rendah, Misal kata kunci “Bantal Nanofiber”, maka biaya 50 rupiah per klik sudah sangat mencukupi, namun…

Perlu diketahui kalo semakin rendah kompetisi, biasanya semakin rendah pula peminat atau pembeli. Sehingga faktor lain seperti Kategori dan Judul produk harus diperhatikan dengan baik.

Kategori produk tidak boleh salah, atau bila memang tidak ada yang cocok, usahakan sedekat mungkin, bila memilih lain-lain, maka hal itu tidak efektif dan buang-buang kredit topads nya. Sedangkan judul produk juga menentukan.

Saran: jangan percaya dengan rekomendasi biaya dari Tokopedia saat akan menentukan biaya Topads, sebaiknya anda me-riset sendiri kompetisi berdasarkan hasil pencarian

Bagaimana Cara Mengukur Efektifitas Promo TopAds?

Bisa melihat dua gambar diatas dan dibawah ini, paling enak melihatnya di desktop di halaman pesanan baru, atau di aplikasi Top Seller.

Keduanya berasal dari Toko yang dikelola oleh NetJurnal.Com, ada yang menggunakan biaya 100 untuk yang persaingannya cukup tinggi, sedangkan yang pesaingnya tidak lebih dari 10 toko, bisa menggunakan biaya 50 rupiah seperti pada gambar kedua.

Nah, menganalisa efektifitas promo Topads bisa jadi membutuhkan ketelitian, karena justru bisa muncul anggapan seperti ini:

  • Produk itu seharusnya tidak perlu dipromosikan topads
  • Kata kunci negatifnya salah
  • Ada yang salah dengan produknya

Faktor-faktornya pemicunya adalah:

  • Kok promo topads nya tidak ada yang nge-klik?
  • Kok gak ada yang beli padahal sudah dipromosikan?
  • Apakah target kata kunci dan kata kunci negatif sudah benar?

Kami sendiri masih belum paham 100% mengenai Topads ini, kemungkinan besar bila pelanggan masuk ke toko kita melalui topads, tapi membeli produk lain selain yang diiklankan, maka hal tersebut juga akan tercatat sebagai pembelian Topads.

[arp] – Netjurnal.Com

Leave a Reply