Tips Mengatasi Tokopedia Minta Kode OTP Saat Login

Buat pedagang di Tokopedia pasti paham yang namanya Kode OTP alias One Time Password, yang berupa sebuah fitur keamanan untuk mengamankan akun kita supaya gak diambil alih atau digunakan oleh orang lain yang bukan hak nya.

Cara kerja kode OTP adalah pada saat kita login ke akun dengan username dan password yang benar, maka selanjutnya adalah verifikasi apakah benar kita adalah pemilik dari akun tersebut, lalu Tokopedia akan mengirimkan kita 6 digit kode temporer yang dikirimkan ke Hp kita, untuk selanjutnya dimasukkan di halaman verifikasi tersebut.

Logo tokopedia netjurnal

Jadi meskipun username dan password nya benar, tapi gak bisa memasukkan kode OTP ya sama aja gak bisa masuk ke akun. Permintaan kode OTP ini biasanya muncul bila kita login ke akun dengan perangkat, browser atau IP yang gak biasa. Simpelnya, ini untuk mencegah kasus hacking.

Baca juga: Cara termudah belanja di Tokopedia

Namun di Tokopedia yang sistemnya rada bobrok, biasanya hal ini menimpa pembeli awam, ketika sudah selesai transfer dan mau login untuk verifikasi pembayaran, atau dalam kondisi lain, akun terkunci dan meminta kode OTP. Permasalahannya macam-macam diantaranya adalah:

  1. Nomer Hp yang sudah gak dipakai lagi
  2. Kode OTP telat masuk hingga batas waktu
  3. Kode OTP gak masuk sama sekali
  4. Dll, dsb, dkk yang alasan lainnya

Kalo udah gini memang ribet, memang sih keamanan akun memang lebih bagus, cuma kalo memang udah mahir menggunakan tokopedia hal ini wajib dan gak jadi masalah, tapi kalo kasusnya orang awam, ya itu masalah banget namanya. Jadi kami disini memberikan sedikit solusi.

Trik Mengatasi Supaya Tidak Dimintai Kode OTP Saat Login

1 – Asumsi kamu sudah berhasil login, dan kamu ingin mencegah permintaan OTP di kemudian hari, maka silahkan menuju menu yang ada fotomu lalu pilih pengaturan

Tips Mengatasi Tokopedia Minta Kode OTP Saat Login 1

2. Maka akan masuk ke menu pengaturan utama, di Tab ‘Biodata Diri’ , scroll ke pojok kiri bawah untuk masuk ke menu ‘Pengaturan Keamanan’

Tips Mengatasi Tokopedia Minta Kode OTP Saat Login 2

3 – Pastikan opsi “Tanyakan kode OTP saat Login” sudah dalam keadaan mati seperti pada gambar dibawah ini ➡ Lalu klik ‘Simpan’

Tips Mengatasi Tokopedia Minta Kode OTP Saat Login 3

Dengan begini, gak perlu khawatir dimintai kode OTP di kemudian hari saat login, jadi cuma perlu tau username email dan password saja.

Oke, semoga bermanfaat, kalo kamu sudah mahir atau pedagang besar, alangkah baiknya kalo kamu mengaktifkan fitur ini, sebagai pencegahan terhadap orang yang tidak bertanggung jawab.

[arc] – NetJurnal.Com


Update Tanggal 23 September 2016

Fitur untuk pengaturan keamanan sudah dibasmi oleh Tokopedia

z-toped

Jadi sudah gak bisa lagi deh mengubah preferensi kode OTP.

7 Responses to “Tips Mengatasi Tokopedia Minta Kode OTP Saat Login”
  1. Agan September 23, 2016
  2. adi October 23, 2016
  3. azmi November 8, 2016
    • NetJurnal November 26, 2016
    • abdigunawan July 28, 2017
  4. Ifa Jaya November 28, 2016
  5. rajaalay November 30, 2016

Leave a Reply