Cara Komplain Barang Rusak / Cacat di Toko Online di China

Bila anda membeli barang dari Cina, barang mahal tentunya dengan harga diatas $100, tapi ketika barang sampai tujuan anda tidak puas, anda bisa mereturnya. Tapi gimana caranya retur barang tersebut? susah gak sih?

Oke. Disini kita telusuri dulu, mengapa anda gak puas?

Ada banyak faktor, dari yang remeh temeh hingga yang gak bisa ditoleransi, yang remeh seperti ukuran tidak cocok, barang beda warna, ada cacat kecil atau aksesoris yang tidak lengkap, yang ini sih dilematis.

Sedangkan yang gak bisa ditoleransi seperti: Barang rusak, barang cacat produksi, spesifikasi beda dan menipu, hingga barang yang dikirim beda total. Mungkin rasa kesel dan kecewa, apalagi proses pengiriman barang tidak memakan waktu sebentar.

Cara Komplain Barang Rusak / Cacat di Toko Online di China df

Kita kecewa dan mau mereturnya, disini kita ambil kasus sebuah Smartphone Cina yang cacat produksi, harganya juga lumayan, sekitar $150.

Kita komplain ke penjualnya tentang cacatnya sebuah produk, gimana cara klaim barang cacat dari seller asal Cina?

Sebelumnya pastikan kalo toko online tempat anda membeli sudah mendukung pengembalian barang dan mendukung garansi dari pabrikan.

Seharusnya semua toko online disana mendukung seperti ini, karena ini yang menjamin profesionalitas mereka.

Ada beberapa langkah, yang pertama adalah…

kontak dulu penjualnya, beritahukan apa yang terjadi, tentunya bahasa Inggris minimal harus bagus, walaupun yang disana juga sama-sama belepotan :mrgreen:

Lalu biasanya sang penjual akan meminta data-data dan foto bukti, yang diminta biasanya berupa foto dan video, jelaskan juga cacatnya dimana. Bila, misalnya ada lecet atau ada bagian yang rusak / patah, maka hanya perlu mengirim foto.

Cara Komplain Barang Rusak / Cacat di Toko Online di China 2

Contoh seller yang bijak, komplain di Aliexpress

Sedangkan bila yang rusak merupakan software dan hardware internal, seperti: kamera tidak mau berfungsi, layar gak beres, batere tidak mau mengisi, batere hanya bisa bertahan 1 jam, dan lainnya, maka video adalah sebuah keharusan.

Kirim foto dan video tersebut ke seller, untuk video bisa diupload ke Youtube, sedangkan foto bisa melalui fitur lampiran chat atau email.

… Lalu Seller Beraksi

Tugas dari Seller adalah memastikan semua barang sampai ke tangan penerima dan meminimalkan komplain, dan itu adalah tugas tim.

Bila berhadapan dengan komplain pelanggan, tugasnya adalah membuat pelanggan tersebut merasa bersalah tanpa menyakiti hati atau membuat marah pelanggan tersebut, itu sudah tugas Customer Service, terutama divisi komplain. Tapi tidak semua toko seperti itu, biasanya toko online besar saja.

Cara Komplain Barang Rusak / Cacat di Toko Online di China g

Biasanya akan ditanya “apakah itu terjatuh? mungkin anda tidak sengaja mejatuhkannya ke air” dsb.

Kalo enggak ya udah. Yang penting yaqin, barang yang bagus dan tanpa cacat adalah hak anda, kemungkinan sang penjual untuk rusuh lebih lanjut cukup kecil.

….Tahap Penyelesaian

Bila semua bukti sudah lengkap, maka anda akan diberikan beberapa opsi, dari pengalaman NetJurnal.Com dari tiga toko online berbeda, kesimpulan kami mayoritas toko online akan memberikan pilihan ini:

  1. Uang kembali 50%
  2. Retur barang dan uang kembali
  3. Tukar barang yang bagus dan berfungsi sebagaimana mestinya

Sama saja seperti toko online biasanya, bila anda memilih nomer 1, maka urusan selesai…, Tapi gimana kalo pilih nomer 2 dan 3?

Silahkan baca tulisan berikutnya, cara mengirim barang retur dan garansi ke Cina.

[mrc] NetJurnal.Com

No Responses to “Cara Komplain Barang Rusak / Cacat di Toko Online di China”

Leave a Reply