2018: Benarkan Bisnis Dropship di Shopee Sudah Tidak ada Harapan?

Tahun 2018 dimulai dengan memberi kejutan untuk para dropshipper Shopee, marketplace dengan usia termuda ini mulai bersih-bersih, mulai dari akun hingga produk-produknya, bagaimana dan apa yang terjadi sebenernya?

2018: Benarkan Bisnis Dropship di Shopee Sudah Tidak ada Harapan? 1

Masalah ini sebenernya dimulai sejak merebaknya bisnis dropship di Shopee, mulai di akhir 2015, dengan memanfaatkan gratis ongkir maka toko dropship begitu bejibun sehingga tidak sulit bagi kita untuk menemukan toko dengan produk ribuan, bahkan toko dengan jumlah produk diatas 5000 adalah hal biasa.

Hal yang lumrah bila seller dengan jumlah produk sebanyak itu akan sulit untuk mengatur produknya, bahkan rekan-rekan kami yang cuma 200 produk saja sulit sekali mengaturnya seorang diri.

Merebaknya bisnis dropship tersebut diikuti dengan tingginya angka komplain dan keluhan, permasalahan klasik seperti pesanan dibatalkan, barang tidak sesuai dan lamanya barang dikirim berpotensi merusak citra Shopee.

Maka dari itu tahap pertama pengembangan Shopee dimulai dengan pengenalan poin penalti, sayangnya hal tersebut dirasa tidak cukup, sehingga di awal 2018, tampak kalo Shopee membuat peraturan agar setiap toko menjadi lebih humanis.

Shopee mengumumkan aturan untuk memberantas banyaknya produk Spam, Produk spam merupakan produk yang tampil di pencarian, tapi merupakan produk dari toko dropship. Aturan ini pada akhirnya akan menghasilkan pencarian produk yang lebih berkualitas, relevan dan ready-to-buy, yakni Gratis ongkir.

Aturan yang berlaku mulai April 2018 tersebut adalah pembatasan jumlah produk yang bisa dipajang oleh penjual, seperti terlihat pada gambar diatas, kalopun berhasil mencapai tingkatan III untuk mengikuti program gratis ongkir, tetap jumlah produk yang dapat ditampilkan maksimal 3000.

Cara Mudah Mengetahui Toko Dropship di Shopee 9

Lalu bagaimana bila punya 5000 produk? ya otomatis 2000 produk yang tersisa tidak bisa ditampilkan. Ini adalah masalah bagi seller dropship yang memiliki produk hingga 9000 an, itu artinya kalo mau tetap dengan 9000 produk, maka salah satu solusi adalah dengan membuat tiga akun Shopee.

Tapi itu tidak Efisien, baik dari segi waktu maupun Kerja!

Aturan tersebut bakal mulai diterapkan pada April 2018, masih ada waktu… menjadi star seller di Shopee tidaklah mudah, apalagi Mall!, jadi kira-kira apa yang akan terjadi selanjutnya? benarkah bisnis dropship di Shopee sudah tidak ada harapan?

[mrc] – NetJurnal.Com

No Responses to “2018: Benarkan Bisnis Dropship di Shopee Sudah Tidak ada Harapan?”

Leave a Reply