Marketplace 2018: Antara Fitur Nego, Gratis Ongkir dan Poin

Saat 2018 dimulai, maka resolusi para penyedia pasar online, alias marketplace masih belum berubah, tetap berusaha menyediakan tempat jual beli yang lebih ramapi, lebih baik dan lebih aman dari biasanya. Masing-masing ketiga pasar online ini menawarkan tiga fitur berkelanjutan, yakni Nego, Gratis Ongkir dan Poin.

Marketplace 2018: Antara Fitur Nego, Gratis Ongkir dan Poin 12

Marketplace yang kita bicarakan adalah Bukalapak, Shopee dan Tokopedia. Nah, semakin ketat persaingannya, maka otomatis konsumen, baik penjual dan pembeli juga yang akan diuntungkan.

Namun masalahnya disini bukan dari sisi pembeli, tapi dari sisi penjual, selama 4 tahun jualan di marketplace di tiga tempat ini, memang begitu sulit untuk seorang diri mengatur eksistensi 3 toko di 3 Marketplace ini.

2018 ini, di awal Februari kami memutuskan untuk menutup salah satu toko dan fokus di dua tempat saja. Apa yang kami pertimbangkan, ada di tiga fitur yakni Nego, Poin dan Gratis Ongkir.

Paling mudah untuk membahasnya adalah bila melihat tiga fitur ini dari segi pembeli.

Nego

Alias Nawar, fitur ini ada di Bukalapak, jadi andalan hingga saat ini… dan memang fitur ini sempat hilang beberapa waktu hingga muncul kembali sekitar kuartal terakhir tahun 2017 lalu. Berbeda dengan nego sebelumnya, Fitur nego yang baru ini disubsidi oleh Bukalapak dan nilainya tidak terlalu besar.

Misalnya belanja sebuah produk seharga 600 ribu rupiah, maka harga hasil nego yang didapatkan paling cuma 585 ribu, dan tidak bisa menggunakan voucher promo pada barang hasil nego.

Alternatif lain yang bisa didapatkan di Bukalapak selain Nego adalah fitur Cashback Untungterus dan cashback lain yang sudah berlangsung selama 2 bulan lebih, ada juga gratis ongkir tapi tidak tetap.

Gratis Ongkir

Terlalu banyaknya produk Spam di Shopee berbuah beberapa peraturan baru, setelah poin penalti diperkenalkan, kini Shopee membatasi jumlah produk yang bisa didaftarkan, spesial bagi toko yang mendaftar dalam program gratis ongkir, maka bisa menambah sampai 1000 produk.

Bagi kami, Gratis ongkir memang belum terkalahkan, disini sebagian toko menawarkan gratis ongkir dengan minimal beli 90 ribu atau 120 ribu, dan subsidi yang diberikan juga gak tanggung-tanggung, hingga 50 ribu.

Nah, setelah kualitas pencarian di Shopee semakin bagus dan gratis ongkir terus berlanjut, maka Shopee menjadi salah satu alternatif marketplace terbaik.

Poin

Di Tokopedia ada fitur baru namanya Tokopoints dan Membership, sistemnya seperti layaknya poin langganan pada umumnya atau loyalty. Points dan loyalty ini didapatkan setelah transaksi, poin ini bisa digunakan untuk mendapatkan gratis ongkir, cashback dan diskon pembayaran.

Sedangkan untuk status membership, semakin tinggi tingakatannya, maka makin banyak jumlah kupon gratis ongkir dan penggandaan poin.

Sebenernya ini ide yang menarik, dengan memancing para pembeli untuk belanja tanpa harus secara kalap memberikan promosi terus menerus. Walaupun begitu, biasanya Tokopedia juga masih sering memberikan cashback ringan yang sama sekali gak ada gregetnya.


Kesimpulan: Sekali lagi,,, yang namanya marketplace selalu ada kelebihan dan kekurangannya. Sebagai pengguna ketiganya, kami sangat senang dan mengapresiasi segala bentuk promosi, apapun itu,,, karena pada akhirnya pembeli yang diuntungkan, dan penjual juga tetap mendapat haknya,

Gimana menurutmu?

[mrc] – NetJurnal.com

Leave a Reply