5 Langkah Mudah Jadi Pedagang: Ngirim Barang Ke Luar Negeri

Go Internasional menjadi salah satu harapan bagi para pedagang untuk memperluas cakupan pasar dari produknya, terutama di Indonesia yang mungkin anggapan bahwa pasar nasional saja belum cukup, mungkin Internasional bisa jadi tolak ukur dari minat konsumen akan produk kita.

5 Langkah Mudah Jadi Pedagang: Ngirim Barang Ke Luar Negeri 12

Tapi seperti yang kita tahu, jual beli barang keluar negeri gak semudah ngirim barang ke sesama Indonesia lewat POS atau JNE, beda… beda… dan berbeda… tapi anggapan kalo ngirim barang keluar negeri itu ribet juga salah.

Salah satu penyebab dari keribetan itu adalah malasnya sang pedagang untuk mencari info atau melakukan riset.

Jadi kali ini kami hadirkan 5 langkah mudah… cuma 5 saja lho…!!

5 Langkah Mudah Menjual Barang hingga keluar Negeri.

Pokok permasalahan disini cuma ada 5.

1 – Bahasa Inggris Minimal

Grammar gak harus bagus, pakai google translate juga bisa… tapi ejaan google translate kurang bagus, jadi paling tidak mengerti maksud perkataannya.

2 – Cara Berkomunikasi

Ada dua cara untuk berkomunikasi, balas-balas PM atau gimana, abaikan cara ini bila menggunakan eBay, Amazon atau pasar internasional lain. Untuk bertransaksi langsung dengan pembeli ada dua cara populer yakni menggunakan Whatsapp dan Email.

Kami pernah menggunakan whatsapp untuk bercakap-cakap dengan pembeli dari Malaysia, India, Filipina, Hongkong, Arab Saudi dan Singapura. Sedangkan Email bisa juga sih, gak ada masalah.

Perhatikan juga permintaan pembeli yang bersifat khusus seperti deskripsi barang dan nilai barang agar gak kena pajak di negara tujuan.

3 – Ongkos kirim

Cara mengecek ongkos kirim keluar negeri adalah melalui website posindonesia.co.id/tarif/ lalu ketikkan daerah anda dan nama negara pada tujuan. Lupakan ekspedisi mahal seperti Fedex, TNT, DHL dan lain-lain… kami sendiri merekomendasikan EMS dan Surat tercatat.

Bila yang anda kirim adalah paket barang, pilih EMS Barang, Paket Pos Cepat atau Surat R/LN, Sedangkan bila yang dikirim berbentuk dokumen, gunakan EMS Dokumen atau yang lain, Bobot maksimal untuk EMS Dokumen adalah 2000 gram.

tarif-kiriman-pos-internasional

Dari pengalaman Netjurnal.com, waktu yang dibutuhkan untuk EMS mencapai tujuan adalah 3 – 7 hari untuk negara tetangga, maksimal 10 – 14 hari untuk Tim-teng, Eropa dan Amerika. Sedangkan Surat Tercatat R/LN memiliki waktu paling cepat 14 hari dan maksimal 40 hari untuk negara tetangga, Sedangkan untuk negara yang jauh bisa 60 – 70 hari maksimal.

Perlu diketahui, Tarif Rupiah tersebut HARUS dikonversi ke US Dollar, karena tarifnya akan berubah-rubah dalam waktu singkat.

Oh iya, untuk panduan mengecek ongkir selengkapnya bisa dibaca disini.

4 – Pembayaran

Setiap toko online selalu menerima pembayaran terlebih dahulu sebelum barang dikirim, ini memang aturan super wajib. Setelah jumlah barang dan ongkir nya DEAL, maka pembeli dari Luar negeri harus bisa langsung mengirim uang ke Indonesia, tiga cara terpopuler adalah melalui Western Union, Transfer Bank dan Paypal.

Western Union dan Transfer Bank biasanya membebankan biaya transaksi kepada pembeli, sedangkan paypal membebankan biaya transaksi ke penjual.

Misalnya untuk transaksi $100 biasanya dicaplok paypal sekitar $2-$4, jadi yang kita terima sekitar $97 an, Disarankan untuk meminta pembeli mengirim $104 agar kita terima bersih $100.

5 – Mengirim Barang dan Packing

Jpeg

Tiba saatnya menunaikan hak pembeli, ketika uang sudah ditransfer, maka kita tinggal mengirim barangnya. POS Indonesia biasanya memberlakukan aturan untuk barang seukuran kardus, entah itu besar atau kecil.

Untuk kardus disarankan untuk membalut semua permukaan paket dengan plester / lakban coklat, atau alternatif lain adalah di karung kan lalu dijahit. Atau terserah mau diapakan asal paketnya kuat… atau bakal ditolak oleh POS Indonesia.

Cantumkan alamat lengkap sesuai dengan yang disediakan oleh pembeli, tulis juga nilai barang dalam USD.


Yakin aja 5 poin diatas itu simpel, bahkan transaksi awal kami keluar negeri juga gak pakai ribet sedikitpun, itu karena mengeri prosedur nya.

Nah, kalo ada yang kurang jelas, ditanyakan aja yaa 😉

[arp] – Netjurnal.com

13 Responses to “5 Langkah Mudah Jadi Pedagang: Ngirim Barang Ke Luar Negeri”
  1. Torik Fauzi October 13, 2016
    • NetJurnal October 14, 2016
  2. Ridwan January 8, 2017
    • NetJurnal January 12, 2017
  3. akai February 28, 2017
    • NetJurnal March 14, 2017
      • winda August 6, 2017
      • NetJurnal August 23, 2017
  4. baim July 11, 2017
  5. John August 28, 2017
    • NetJurnal August 30, 2017
  6. Teguh September 2, 2017
  7. dita December 10, 2017

Leave a Reply