3 Cara Termudah Terima Uang dari Pembeli Luar Negeri

Apakah toko online anda mau go Internasional, atau ‘dipaksa’ go Internasional?? Hmm… trus gimana cara terima uang pembayaran dari para pembeli dari luar negeri? kirim barangnya pakai apa dan gimana? ribet gak sih??

3 Cara Termudah Terima Uang dari Pembeli Luar Negeri 1

Biasanya teka-teki seperti itu memang menyeruak kalo kita tiba-tiba dikontak oleh calon pembeli dari luar negeri, kesempatan mendapatkan reputasi secara global dan secara tidak langsung menambah devisa negara.

Memiliki toko online memungkinkan kita untuk menjangkau konsumen luar negeri, terlepas dari apa dan bagaimana platform yang digunakan.

Masalah pembayaran adalah salah satu sisi kunci sukses dalam bertransaksi, karena bagaimanapun, saat uang diterima, maka barang akan dikirim. Oke, kalo gitu langsung saja tim NetJurnal.com berikan beberapa cara menerima pembayaran.

Tiga Cara Populer dan Mudah Menerima Pembayaran Luar Negeri

Yakin kalo ketiga cara ini sudah pernah anda dengar.

1- Paypal

Kami sangat merekomendasikan paypal, karena pada dasarnya paypal bisa bersifat sebagai rekening bersama (rekber) untuk urusan jual beli online antar negara. Pembeli juga bakal lebih percaya kepada penjual atas profesionalitas serta tanggung jawab, yang berarti pembeli bisa protes atau mengajukan komplain apabila barang yang diterima tidak sesuai atau tidak memuaskan.

Paypal juga bisa dipakai untuk jual beli online melalui pihak ketiga, seperti eBay misalnya, gampang banget tuh, harus diakui kalo tim Netjurnal.com paling suka cara ini.

3 Cara Termudah Terima Uang dari Pembeli Luar Negeri 3

Cuma kelemahan Paypal ada pada biaya penggunaan, misalnya saat pembeli mau bayar $100 gitu, maka kita kena ‘biaya jasa’ antara $3 – $5, jadi kita terima bersih sekitar $95 – $97, kadang kerasa kesel juga sih, hehehe, tapi kita bisa juga kok membebankan biaya jasa ini ke pembeli, caranya suruh aja pembeli transfer $103, gitu.

Selanjutnya, dana dari paypal bisa kita tarik ke rekening dalam negeri kita, tentu saja dengan nilai konversi yang lebih rendah, wkwkwk.

2 – Western Union

Yang ini gak kalah simpel dan gak kalah mudah dibanding paypal, tapi yang ini baik pembeli dan penjual harus ke konter resmi yang menyediakan western union, dan gak perlu khawatir bagi penjual, karena yang menanggung biaya kirim adalah sang pengirim alias pembeli.

Penjual bakal nerima uang utuh dengan kurs yang berlaku, penjual cukup menunjukkan KTP, fotokopi KTP dan nomer MTCN dari pengirim. Dapet deh uang cash…!!

3 Cara Termudah Terima Uang dari Pembeli Luar Negeri 5

Cuma, kadang pembeli kurang bisa percaya aja, terutama untuk toko online yang belum jelas reputasinya, karena pembeli gak bisa komplain bila uang sudah dikirim, kan bisa aja penjual menerima duitnya,,, ehh… karena penjualnya punya mental jahad, jadi gak dikirim barangnya.

Yeah, apa daya sang pembeli cuma bisa gigit jari karena ditipu. Disini kadang pembeli yang was-was dan ragu karena takut ditipu.

Tapi baru-baru ini ada juga cara unik untuk mengantisipasi penipuan ini, nanti deh kita bahas lain waktu, cek terus Netjurnal.com.

3 – Transfer antarbank

Cara ini juga populer karena kesimpelan dan keamanannya, cuma ini adalah alternatif terakhir dari yang populer, pertimbangannya karena caranya kadang agak ribet dan biaya transaksi lumayan besar.

Namun bagi pembeli atau pengirim yang sudah berpengalaman, hal ini lumrah, kita bisa memberikan detail seperti nama akun kita, nama bank, nomer rekening, cabang dan tentu saja SWIFT CODE atau Bank Routing Number (Contoh: BRINIDJAXXX untuk BRI)

Sejumlah bank besar di Indonesia sudah mendukung penerimaan uang dari luar negeri, tarifnya juga bersaing, mulai dari $3 hingga $50, ini sih tergantung dari jumlah dana yang diterima, kalo yang diterima lebih dari $100 ribu, biasanya kena ‘palak’ $50, hehe…

3 Cara Termudah Terima Uang dari Pembeli Luar Negeri 7

Setelah itu, biasanya perlu waktu cukup lama, yakni maksimal 7 hari, terutama bila dananya besar. Hmm… jadi kalo transaksi murah yakni $50 atau $500 sih gak perlu pakai transfer Bank. Selain caranya ribet juga lama sampainya.

Kelebihan ada pada kepraktisan, dana langsung masuk ke rekening, dan kita sebagai pembeli tinggal duduk di layar komputer sambil ngopi, ehh… maksudnya nyiapin barang yang mau dikirim.


Banyak lagi metode yang bisa kita gunakan untuk terima uang pembayaran dari pembeli di luar negeri, misal melalui skrill, payonerr dan lainnya.

[mrc] NetJurnal.Com

Leave a Reply