7 Cara Mencari dan Mendapatkan Pembeli dari Luar Negeri

Gimana sih rasanya punya pembeli dari luar negeri? Hmmm… tentu kesannya elit aja, sampai diakui di luar negeri, apalagi kalo misalnya itu pembeli yang loyal dan tentu saja bakal berkali-kali beli ke toko kita. Ya, itulah kelebihan era digital.

Pembelian antar negara di jaman dulu sangat beda dengan sekarang, hari ini kita bisa membeli barang dari luar negeri dengan mudah, itu pula yang dirasakan pembeli dari luar negeri karena dengan mudahnya beli barang via online antar negara, termasuk ke Indonesia.

Go Internasional memang perlu, selain meningkatkan gengsi dan duit, juga untuk antisipasi jenuhnya pasar di tanah air sendiri.

Kendala untuk pembelian antar negara biasanya sangat klasik, selain dari bahasa dan metode pembayaran, yang paling penting adalah bagaimana menyelesaikan masalah kepercayaan.

Oke, sebelum masuk ke urusan itu semua, maka saatnya belajar bagaimana cara mencari dan mendapatkan pembeli dari luar negeri.

7 Cara Mendapatkan Pembeli dari Luar Negeri

Sebenernya ada banyak, tapi akan kami sajikan yang termudah dan tersimpel saja, dan bisa dilakukan kebanyakan orang. Yang kita bicarakan juga bukan yang nilai impornya ratusan juta Rupiah, tapi dibawah itu, kecil-kecilan saja.

1 – Jualan di eBay

7 Cara Mencari dan Mendapatkan Pembeli dari Luar Negeri 1

eBay pada dasarnya merupakan website lelang online, dan juga menawarkan fitur seperti penjualan langsung layaknya sistem marketplace. Beberapa orang Indonesia sudah meniti karir penjualan internasional melalui eBay. Perlu diketahui kalo di eBay kena “pajak” tiap ada transaksi berhasil, hehe.

2 –¬†Makelar Marketplace, bukan Dropship

Tau kah yang dimaksud makelar marketplace? marketplace di Indonesia yaitu pasar online seperti Tokopedia, Bukalapak dan Shopee. Disini ada beberapa orang Indonesia yang kreatif dengan menawarkan jasa pembelian produk di marketplace tersebut.

Kata kunci nya juga simpel, seperti “buy from Indonesia”, “Buy from Tokopedia”,¬† “buy from Bukalapak”, dan sebagainya.

3 – Punya Toko Online Bahasa Inggris

Cara termudah lainnya dalam menggaet pembeli luar negeri adalah memiliki blog/website toko online itu sendiri, berdasarkan pengalaman NetJurnal.Com selama bertahun-tahun, disarankan menggunakan bahasa Inggris dan punya segmentasi pasar yang menarik, lebih bagus lagi kalo punya barang yang cuma ada di Indonesia.

Beberapa waktu lalu kami menemukan sebuah toko online Jaket Anime Gundam yang memenuhi syarat tersebut, desain jaketnya keren, bahannya bagus, dan harganya juga bersaing cuma $30 belum ongkir. Bahkan di Aliexpress masih diatas $50.

4 – Blogwalking, bukan SPAM

Bila punya toko online, misalnya jual baju, maka blogwalking di blog-blog fashion terkenal berbahasa Inggris bisa menjadi salah satu pendongkrak popularitas dan menjadi pengalir pengunjung yang baik. Caranya adalah, dengan berkomentar beneran, bukan asal menempatkan link sehingga akan terdeteksi sebagai SPAM.

5 – SEO, Promosi dan Kata kunci yang tepat

Bila kita memiliki perliharaan sebuah toko online, maka untuk membuatnya gemuk dan berisi, harus dikasih makanan yang bergizi, tidak cuma SEO dan kata kunci yang positif, tapi juga promosi yang tepat sasaran.

Promosi tidak harus berbayar, yang penting tertarget, misalnya jualan ban motor, akan bego bila mempromosikannya di komunitas pecinta ban tank (misalnya). Dan, kata kunci yang tepat dan sederhana itu lebih baik daripada kata kunci yang banyak dan bejibun, bisa-bisa dianggap SPAM.

6 – Komunitas Online dan Grup Pemecahan Masalah

Bila jualan baju batik, maka bergabung di komunitas fashion online dunia bisa jadi cara untuk mempromosikan barang dagangan, karena ada beberapa orang di dunia ini yang mau membeli produk, tapi malas mencari. Berada di komunitas online yang sesuai bisa membuat kesempatan seperti kegemaran atau selera menjadi ketertarikan, lalu bisa diubah menjadi pembelian.

Grup Pemecahan Masalah memang saat ini sedang tren, orang yang membantu orang lain berhak mendapatkan credit untuk itu. Saat kita menempatkan referensi, alamat website dan sumber maka poin kita bertambah. Ini adalah kesempatan yang baik untuk mendapatkan peluang pembeli dari luar negeri.

7 – Adwords dan FB Ads

7 Cara Mencari dan Mendapatkan Pembeli dari Luar Negeri 3

Ini adalah promosi berbayar, salah satu yang paling efektif, saat ini dua raksasa informasi seperti Google dan Facebook sudah tau bagaimana caranya mendapatkan pengunjung tertarget dari cara mereka menggunakan internet.

Adwords dan FB Ads tidaklah mahal, tapi ampuh untuk mendapatkan pengunjung potensial, iklan hanya akan tampil untuk pengunjung dengan kecenderungan dan ketertarikan tertentu, dan itu bisa diatus pula oleh pemasang iklan. Pecinta bakal motor tentu gak akan mendapatkan iklan kosmetik, begitu pula sebaliknya.


Itu saja sedikit cara untuk mencari dan mendapatkan pembelian dari luar negeri, tips lain dari kami yang juga bisa dibaca seperti dibawah ini

Semoga bermanfaat

[mrc] – NetJurnal.Com

Leave a Reply